08 Mei 2009

FOXIT READER - simple PDF reader



sebenarnya saya menulis kali ini karena baru aja kesel gara-gara booting XP laptop saya lemot sekali, iseng-iseng googling cari-cari cara buat mbikin enteng booting laptop saya. saya membaca di salah satu artikel di suatu blog (entah blognya siapa, yang jelas nie blog fungsional sekali, dan maaf buat yang punya blog, kalo saya inget pasti saya akan rekomendasikan blog anda) isinya "sebenernya tiap kita instal aplikasi dan aplikasinya itu mempengaruhi startup/booting Windows XP .......... seperti contohnya Adobe Reader untuk baca file PDF itu akan mempengaruhi sekali untuk startup XP kita, rata-rata sih akan menambah beberapa detik untuk prosesnya.... " kira-kira seperti itulah.

saya lalu jadi ingat, kenapa saya gak cari program portablenya saja. akhirnya saya googling lagi cari aplikasi PDF reader yang portable, dan gak sengaja juga saya nemuin aplikasi PDF reader yang namanya FOXIT READER. pertama saya bingung juga pakainya, karena menu bar nya beda, tapi gak sampai 5 detik bingung saya hilang, ternyata nie program gampang banget dipakai, dan menu button bar nya simpel dan gampang dimengerti.

sebenarnya program ini ada 2 jenis, yang jelas kalo dari direct situsnya sih harus pake instal (www.foxitsoftware.com), tapi saya juga dapet versi portablenya juga (dan yang saya pake sampe sekarang adalah versi portablenya). link untuk downloadnya saya sediakan di bawah.

langsung saja deh saya uninstal Adobe PDF Reader bawaan Acer saya, trus bikin satu folder khusus buat nyimpen file ini, trus saya shortcutkan FOXIT READER ini ke desktop. saya cari file PDF trus tinggal diklik kanan aja, trus pilih "open with", trus cari folder tempat saya simpan FOXIT READER tadi sama dicentang aja tulisan "Always open.....". so finaly, tiap buka file PDF pasti otomatis pakai FOXIT READER.

ternyata setelah saya menggunakan aplikasi ini, ternyata selain booting XP jadi lebih cepat dan tiap buka file PDF pasti juga lebih cepet, gak perlu nunggu load splash screen kaya' di Adobe PDF Reader.

Satu lagi kelebihan lagi dari FOXIT READER ini, ternyata file PDF kita juga bisa kita tambahin tulisan. maksudnya, kalo saya pake Adobe PDF Reader, waktu saya pengen kasih nama di page PDF saya, saya malah bingung gimana caranya. tapi pake FOXIT READER ini tinggal klik aja ikon "Typewriter Tool" trus free deh kita mau tulis dimana aja di page kita.

kelebihan lainnya kita bisa kasih highlight di tulisan-tulisan di file PDF kita. misal kita perlu menandai bagian yang penting buat kita, ya tinggal klik aja highlightnya. banyak kok menu-menunya yang bisa kita coba sendiri.

selain itu kita bisa kasih notes di bagian-bagian kalimat/kata tertentu, fungsinya mungkin bisa untuk ngingetin kita tentang suatu hal yang gak ada di file PDF kita itu.

menu-menu lainnya yang bisa kita eksplorasi sendiri yaitu Drawing Markup Tool yang fungsinya untuk menggambar berabgai bentuk garis maupun kurva. trus menu standar lainnya semacam snapshot, select text, dll.

selamat mencoba.....

DOWNLOAD FOXIT READER versi installer disini.

DOWNLOAD FOXIT READER versi portable disini.

apabila ada masalah dalam menjalankan program ini, anda bisa hubungi saya di YM saya invisible.bytto

0 komentar: