04 Desember 2008

Design teknik 2.5D dan 3D beserta simulasinya

Saat ini banyak sekali program-program desain teknik baik yang berbasis 2dimensi, 2.5dimensi sampai dengan 3dimensi, dan juga yang membuat menarik adalah untuk desain 3dimensi pada beberapa software sudah dilengkapi dengan aplikasi analisa tehnik, simulasi sampai dengan programing untuk bisa ditransfer ke machining proccessnya.

Beberapa software yang kita kenal saat ini seperti AutoCAD, Catia, MasterCAM, SolidWorks dan beberapa software lainnya. Namun masih terdapat berbagai kendala untuk seorang designer teknik meggunakan program-program tersebut, mulai dari tuntutan hardware yang tinggi, keterbatasan skill dan hanya sedikit lembaga yang mengadakan training untuk belajar aplikasi program-program tersebut, harga software original yang mahal dan lisensinya yang berjuta-juta dan juga beberapa kendala lainnya.

Beberapa lembaga yang mengadakan training dan pelatihan program designer beserta aplikasinya seperti di Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI) Surakarta, Politeknik Negeri Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Negeri Malang dan beberapa lembaga lain.


Sudah pasti sangat berguna sekali memiliki keahlian sebagai seorang designer teknik, mulai dari skill sampai add value yang lumayan banyak buat kita. bayangkan saja semua benda-benda disekitar kita yang memiliki shape yang indah, seperti mobil yang sekarang bentuknya bisa dibilang unik tapi menarik sampai pernik-pernik kecil yang sering kita temui di kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa gambar diatas adalah hasil dari desain menggunakan software CATIA V5R14, desain tersebut saya buat tidak lebih dari 4jam dengan dimensi yang sudah terintegrasi sesuai dengan ukuran aslinya dan sudah saya apply materialnya sehingga dapat dianalisa titik kritis dari desain tersebut sampai beratnya pun bisa diketahui dari software ini.

Jadi buat anda yang penasaran, silahkan mencobanya.....
try it, enjoy it.....


0 komentar: